Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

anikunik.com - Kopi memang suatu minuman beraroma khas berasal dari biji kopi yang melalui proses panjang dari dipanen, dikeringkan, disangrai dengan suhu tertentu sebelum pada akhirnya dihaluskan  menjadi bubuk kopi yang siap disedu. Rasa nikmat yang didapat dapat secangkir kopi membuat minuman ini digandrungi berbagai kalangan masyarakan di berbagai belahan dunia, dari anak muda, wanita, lansia dan tak terkecuali ibu hamil. Namun bagaimana jika kopi dikonsumsi oleh ibu hamil? amankah?


Mengingat kandungan serbuk kopi sendiri adalah perpaduan dari zat kimia, ada Kafein, H2O, Ethyphenol yang memberi aroma khusus pada kopi, Quinic acid, dan masih banyak lagi, ternyata kopi memang memberikan dampak kurang baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kafein sendiri merupakan zat kimia yang dapat meningkatkan kecemasan serta bisa menyebabkan kecanduan. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, kafein akan sangat bebas menerobos ke dinding plasenta sehingga dengan sangat mudah tubuh mungil si bayi terkontaminasi zat kimia ini.

Lalu apakah berakibat fatal?, itu semua tergantung berapa dosis yang dikonsumsi oleh Bunda, selama dosis masih dalam batas aman, InsyaAlloh tak terjadi apa-apa. Tetapi jika melampaui batas akan mengakibatkan denyut jantung sang bayi akan berdetak lebih kencang dan ini kurang baik untuk kesehatannya. Dan jika terlalu melampaui batas dikuatirkan akan membahayakan keselamatan bayi.

Nah sekarang berapa batasan yang aman konsumsi kopi untuk wanita hamil?, kafein aman dikonsumsi jika dosis di bawah 200 mg per hari, ini setara dengan 2 cangkir kopi per hari. Selain kopi minuman teh, maupun coklat juga mengandung kafein, semua boleh dikonsumsi asal dalam batasan yang wajar Bunda.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?"

Posting Komentar