7 Hal Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

anikunik.com | Bunda sedang hamil? tak ingin kan terjadi hal yang tidak diinginkan karena kekurang hati-hatian bunda?, Sebaiknya bunda menghindari 7 hal ini dulu :

1. Mengangkat beban terlalu berat
Ketika menjalani masa kehamilan yang terjadi ialah ligamen bunda akan menjadi lebih longgar dan sendi menjadi kurang kuat. Dengan kondisi rahim yang semakin membesar, pusat gravitasi berpindah ke depan. Hal ini akan membuat punggung belakang Ibu tertekan dan membuatnya lebih rentan untuk meregang khususnya saat Ibu mengangkat sesuatu yang berat. Biasanya yang dokter katakan beban berat itu yang lebih dari 9 kg.


2. Minum obat sembarangan tanpa resep dokter
Jika bunda mengalami keluhan saat kehamilan misalnya terkena flu, batuk, atau sakit yang lain yang harus bunda lakukan ialah bunda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat, karena dokterlah yang mengetahui apakah obat yang bunda konsumsi aman atau tidak untuk janin. Jika bunda mengkonsumsi obat sembarangan tanpa resep dokter yang membahayakan ialah efek samping dari obat tersebut yang mempengaruhi janin yaitu di trimester pertama adalah masa yang paling rawan untuk janin. Karena pada tiga bulan awal, organ-organ janin baru saja dibentuk. Obat-obatan yang dikonsumsi pada masa ini dapat mempengaruhi pembentukan organ tubuh, menimbulkan kerusakan organ, kecacatan atau deformitas. Jika kerusakannya berat, bisa terjadi keguguran. Sedangkan pada trimester kedua, obat-obatan dapat mempengaruhi sistem syaraf janin yang sedang berkembang dan juga pertumbuhan bayi, sehingga saat lahir berat badan janin kurang. Sedangkan obat-obatan yang dikonsumsi saat trimester ketiga dapat menimbulkan komplikasi pada paru-paru janin, sehingga bayi yang lahir sulit bernapas.

3. Minum minuman beralkohol dan bersoda
Dampak minum minuman yang mengandung alkohol sangat membahayakan bayi mulai dari menyakiti bayi karena zat yang terkandung di dalamnya bersifat keras sudah pasti dapat mengganggu organ bayi yang masih lemah, sehingga meningkatkan resiko bayi lahir cacat, dan yang paling parah jika ibu hamil masih mengkonsumsi minuman beralkohol akan menyebabkan keguguran. Sedangkan dampak dari minuman bersoda bagi ibu hamil ialah, ibu hamil dapat mengalami obesitas hal ini karena kandungan gula yang tinggi pada minuman ini, hipertensi karena kandungan kafeinnya, penurunan sistem imun, dan risiko bayi lahir cacat.

4. Bekerja terlalu lelah
Ibu hamil harus memiliki waktu istirahat yang cukup, apabila bekerja terlalu berat hingga mengakibatkan kelelahan dikwatirkan akan mengganggu kesehatan ibu yang berdampak pada kesehatan janin.

5. Terlalu banyak pikiran yang mengakibatkan stres
Stres pada ibu hamil akan mempengaruhi janin, diusahakan ibu hamil dalam kondisi yang ceria terus, dalam hal ini peran suami sangat dibutuhkan, jangan buat istrinya sedih diwaktu hamil yah para suami.

6. Merokok maupun terpapar asap rokok
Asap rokok bagi yang sedang tidak hamilpun dapat menganggu gangguan pernafasan, apalagi bagi bumil dampaknya akan lebih parah lagi tidak hanya ibu tetapi janin yang ada di dalam kandungan juga, janin dapat mengalami cacat fisik, cacat lahir, gangguan pernafasan, lahir dengan berat badan yang rendah serta meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

7. Tidur terlentang lebih dari 10 menit pada masa kehamilan trimester 3
Menurut seorang pakar kehamilan dan kandungan dari Amerika Serikat, dr. Richard Henderson, tidur telentang saat hamil bisa membahayakan janin. Alasannya, ketika Anda berbaring telentang, beban dari rahim Anda akan memperlambat sirkulasi darah ke area jantung. Akibatnya, jantung jadi kesulitan memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk janin. Padahal, darah dibutuhkan oleh janin sebagai sumber oksigen serta zat gizi

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "7 Hal Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan"

Posting Komentar