Kecerdasan Setiap Anak Berbeda, Anak Bunda Cerdas di Bagian Mana?

anikunik.com - Sering saya mendengar keresahan dari orang tua siswa, “Bunda, Anak saya kok ga bisa matematika sih? penjumlahan begitu saja ga bisa?”, ada lagi, “Bunda, Itu Rani  ga bisa-bisa membaca, nulis namanya sendiri itu masih kebalik-balik padahal sudah mau SD?”, saya jawab, “Ibu setiap anak itu memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, ada anak yang menonjol di satu bidang, ada juga yang lemah di bidang lain, semua anak itu cerdas, hanya saja cerdasnya dibidang yang berbeda-beda”.


Jika Pandangan masyarakat awam mengenai anak yang cerdas itu adalah anak yang pandai logika-matematika dan berbahasa saja, lalu bagaimana dengan mereka yang pandai memainkan alat musik,  gemulai melakukan gerakan tari, matang membuat desain bangunan gedung-gedung bertingkat?, apakah mereka itu tidak cerdas?

Howard  Gardner dalam Tadkirotun Musfiroh (1.13) mengemukakan teori 9 Kecerdasan Majemuk atau lebih dikenal dengan Multiple Intelligence, Berikut adalah kesembilan kecerdasannya:


1. Kecerdasan Verbal-Linguistik

Anak yang memiliki kecerdasan ini lebih cenderung menyukai dan efektif dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, suka mengarang cerita, menulis puisi, berdiskusi, membaca dengan pemahaman tinggi, memahami bahasa asing, mudah mengingat ucapan orang lain, tata bahasa bagus, membuat lelucon dan banyak hal yang terkait dengan bahasa.

2. Kecerdasan Logis-Matematis
Terlihat dari sikap mereka yang menyukai angka-angka, mampu berhitung, menyelesaikan masalah penjumlahan, pengurangan, memahami symbol-simbol angka.

3.  Kecerdasan Visual-Spasial
Anak yang menyukai kecerdasan ini cenderung lebih suka dunia bangunan, seperti bermain balok, lego, menyukai arsitek, membuat dekorasi, apresiasi seni, desain maupun denah.

4. Kecerdasan Musikal
Anak yang memiliki kecerdasan ini ditandai dengan ketertarikannya terhadap musik seperti bernyanyi, memainkan alat musik, mengarang melodi, mudah mengarang ritme, mudah mengingat lirik maupun irama lagu, menyukai mendengarkan dan mengapresiasi musik.

5.  Kecerdasan Kinestetik
Kecerdasan ini ditandai dengan kemampuan mengontrol gerak tubuh dan kemahiran mengelola objek. Anak pandai dalam mengekspresikan gaya, atletik, suka menari, terampil dalam motorik halus maupun motorik kasar, gerak-gerik luwes, pandai menggunakan bahasa tubuh.

6. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan ini terlihat melalui kemampuannya mencerna dan merespons secara tepat suasana hati, tempramen, motivasi, dan keinginan orang lain. Anak yang memiliki kecerdasan ini akan lebih senang berkomunikasi, berinteraksi, bersimpati kepada orang lain.

7. Kecerdasan Naturalis
Anak yang memiliki kecerdasan ini terlihat lebih menyukai binatang maupun tumbuhan, efektif menganalilis persamaan dan perbedaan, suka mengklasifikasi flora dan fauna, menemukan dan mengidentifikasi pola alam, melihat sesuatu dalam alam secara detil, menjaga lingkungan dan memahami ketergantungan pada lingkungan.

8. Kecerdasan Intrapersonal
Kemampuan memahami perasaan sendiri dan kemampuan membedakan emosi, serta pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri.

9. Kecerdasan Eksistensial
Kecerdasan ini erat kaitannya dengan kemampuan berpikir secara hakiki, menyangkut ekstensi berbagai hal, termasuk kehidupan-kematian, kebaikan-kejatahan.

Jadi tugas kita sebagai orang tua hendaknya mengenali bakat dan minat yang ada didalam diri anak kemudian mengarahkan, mendukung dan memfasilitasi sehingga berkembang dengan optimal. Ingat, jangan pernah memaksa anak lagi ya Bunda.....

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Kecerdasan Setiap Anak Berbeda, Anak Bunda Cerdas di Bagian Mana?"

Posting Komentar