Makanan Terlarang Untuk Ibu Hamil

Seputar Kehamilan - Menjadi Ibu hamil merupakan suatu lembaran baru dalam ruang waktu, bunda harus selalu mengupayakan agar semua terjaga dengan baik. Istirahat yang cukup, aktifitas fisik yang terbatas, serta asupan nutrisi yang harus diperhatikan. Bunda membutuhkan nutrisi yang sebaik-baiknya demi tumbuh kembang sang buah hati dalam rahim. Makanan sumber karbohidrat, protein, mineral, dan lemak harus bunda konsumsi secara proporsional. Namun ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi ibu hamil akan berakibat fatal dan membahayakan kandungan, apa saja makanan itu?




1. Makanan mentah / setengah matang
Seperti daging sebenarnya kaya akan protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembangunan, serta lemak yang dibutuhkan sebagai energi, namun jika pengolahannya masih setengah matang seperti pada sate, daging mengandung banyak sekali bakteri yang masih menempel sehingga hal ini menjadi berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan mentah lainnya seperti sayuran yang tidak direbus, telor mata sapi, mayones, dan masih banyak lagi.

2. Makanan / minuman beralkohol
Yang suka minuman beralkohol ini wajib banget dihindari bunda, alkohol bersifat panas yang sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil. Selain minuman , makanan yang mengandung alkohol seperti tape, atau makanan lain yang mengandung ragi juga harus dihindarI, termasuk buah Anggur juga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak zat gula berubah menjadi alkohol.

3. Durian
Buah yang satu ini siapa sih yang gak kenal? buah yang aromanya khas ini memang sangat menggoda selalu ingin memakannya, namun ternyata durian juga bersifat panas, sehingga dapat memicu kontraksi dini yang dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Nanas muda
Nanas yang masih muda rasanya asam segar sakali buat campuran es atau buat bahan rujak, tapi sayang sekali nanas muda mengandung enzim yang mampu melunakkan ujung rahim, sehingga jika dikonsumsi oleh ibu hamil terutama di trimester 1 ini sangat membahayakan kandungan.


5. Pepaya muda

Pepaya yang benar-benar matang dan terasa manis boleh banget dikonsumsi ibu hamil, tapi kalau pepayanya masih muda sebaiknya dihindari dulu bunda, pepaya muda banyak sekali mengandung getah / lateks yang dapat memicu kontraksi dini.

6. Nangka
Nangka dan saudaranya yaitu Cempedak memang membuat ketagihan jika dikonsumsi, tapi kalau bunda hamil distop dulu bun, buah ini banyak mengandung gas, jika dikonsumsi membuat perut kembung yang dapat menyebabkan kontraksi dini.

7. Makanan Laut
Makanan laut seperti kerang, ikan laut adalah sumber protein yang dibutuhkan tubuh, namun di satu sisi apa bunda bisa menjamin jika lautnya tidak terkontaminasi limbah logam berat seperti merkuri? , ikan atau hewan laut yang hidup diperairan mengandung logam berat secara otomasis terkontaminasi juga, ini sangat berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Makanan Terlarang Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar