Agar Kehamilan Berjalan Lancar Pastikan Ibu Hamil Mendapatkan 10 Pemeriksaan Ini

maduibuhamil.org
1. Pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan
Pengukuran tinggi badan dilakukan cukup 1 kali selama menjalani masa kehamilan, sebaiknya dilakukan di awal kehamilan. Jika tinggi badan <145 cm, terdapat kemungkinan untuk sulit melahirkan secara normal, hal ini terjadi karena adanya kecenderungan panggul sempit. Sedangkan penimbangan berat badan dilakukan setiap kali melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter, mulai trimester ke 2 atau menginjak bulan ke 4 pastikan BB bunda selalu naik paling sedikit 1 kg setiap bulannya.

2. Pengukuran tekanan darah
Pastikan tekanan darah bunda normal yaitu 120/80mmHg. Apabila tekanan darah bunda lebih tinggi dari 120/80mmHg berarti bunda mengalami hipertensi hal ini berbahaya ketika waktunya melahirkan. Jika lebih rendah dari itu bunda mengalami hipotensi yang mengakibatkan tubuh bunda lemas seperti tak bertenaga. Istirahat yang cukup, tak perlu memikirkan banyak hal, dan aktifitas sewajarnya serta asupan nutrisi yang tepat dapat menjaga tensi darah  agar tetap stabil.

3. Pengukuran tinggi rahim

Pengukuran tinggi rahim dilakukan guna mengetahui apakah janin berkembang sesuai dengan usia kehamilan. Apabila janin terlalu kecil bunda harus mengkonsumsi makanan penunjang agar berat badan janin meningkat seperti makanan yang mengandung susu (yogurt, es krim). Apabila berat badan janin berlebih bunda diharapkan mengurangi makanan yang mengandung gula dan karbohitdrat.

4. Pengukuran lingkar lengan atas
Pengukuran ini dimaksudkan untuk mengetahui  berapa besar lingkar lengan bagian atas ibu hamil, apabila <23,5cm hal ini menunjukkan bahwa ibu hamil mengalami Kurang Energi Kronis (KEK)m yang akan berdampak pada risiko melahirkan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR).

5. Penentuan letak janin (presentasi janin) dan penghitungan denyut jantung janin.
Ketika memasuki usia kehamilan di trimester ke 3 pastikan kepala janin sudah berada dibawah dan memasuki panggul atau jalan lahir. Jika yang bagian bawah janin bukan kepala, kemungkinan terdapatkelainan letak atau masalah yang lain. Untuk mengurangi resiko kelainan letak diusahakan ibu hamil senang melakukan gerakan-gerakan senam hamil, sujud hamil hal ini dapat membantu memperbaiki posisi janin dalam kandungan. Untuk denyut janin pastiakan antara 120 – 160 kali / menit. Jika kurang dari 120 kali atau lebih dari 160 kali / menit ini menunjukkan adanya tanda gawat janin dan harus segera dirujuk.

6. Penentuan status imunisasi tetanus toksoid (TT)
Suntikan TT  dilakukan untuk mencegah tetanus pada Ibu dan Bayi dilakukan oleh petugas kesehatan. Sebaiknya dilakukan sebelum usia kehamilan 9 bulan.

7. Pemberian tablet tambah darah
Sejak awal masa kehamilan ibu hamil wajib mengkonsumsi tablet tambah darah 1 hari 1 kali paling tidak hingga 90 hari. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah anemia, tablet tambah darah diminum waktu malam hari untuk mengurangi rasa mual.

8. Tes Laboratorium
Tes laboratorium penting dilakukan guna mengetahui
Golongan darah ibu hamil, hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi poses persalinan barang kali membutuhkan pendonor darah
Mengetahui jumlah hemoglobin, kadar Hb ibu hamil harus senantiasa terkontrol agar ibu terhindar dari anemia, kadar Hemoglobin sebaiknya > 10
Tes urin dan tes darah, tes ini dilakukan guna mengetahui  indikasi adanya penyakit lain pada iu hamil.

9. Konseling atau penjelasan
Ibu hamil wajib mengetahui tentang bagaimana cara perawatan kehamilan, pola makan yang baik, cara menjaga kesehatan selama hamil, pencegahan kelainan bawaan, proses persalinan, berbagai persiapan yang dilakukan, tentang IMD (inisiasi menyusu dini), nifas, perawatan bayi, serta KB. Penjelasan ini hendaknya diberikan oleh tenaga kesehatan seperti bidan atau dokter.

10. Tata cara, dan pelaksaan dalam pengobatan
Apabila ibu hamil memiliki masalah kesehatan, ibu hamil harus mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai, seperti pemberian obat pun harus jenis obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Agar Kehamilan Berjalan Lancar Pastikan Ibu Hamil Mendapatkan 10 Pemeriksaan Ini"

Posting Komentar