Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak

anikunik.com - Sebagai seorang guru PAUD sering saya mendengar keresahan orang tua mengenai putra-putrinya yang sudah disekolahkan masih saja belum bisa membaca. Saya sampaikan kepada mereka bahwa setiap anak memang memiliki kesiapan yang berbeda-beda untuk dapat membaca. Anak harus diajarkan membaca dengan cara dan tahapan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Anak yang lulus dari TK tetapi anak itu belum bisa membaca bukan berarti anak itu bodoh, atau juga bukan berarti TK/KB tempat anak belajar bukan sekolah yang berkualitas, tetapi karena memang anak tersebut belum saatnya mencapai tahapan untuk bisa membaca. Lalu apa yang harus kita lakukan?, Apakah tetap memaksakan anak untuk bisa membaca?, mengelesnya setiap hari?, memaksa anak untuk duduk rapih memandangi tulisan yang dia sendiri tidak tau maksudnya?, Ohh ini hanya akan merampas kesehatan psikologis anak.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menumbuhkan minat baca anak, tentu dengan cara yang menyenangkan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

1.      Mulailah dengan hal-hal yang dekat dengan anak.
Jika tulisan merupakan hal yang dekat dan dikenal betul oleh anak InsyaAlloh anak akan mudah tertarik. Misal dengan namanya sendiri, keluarga, benda-benda yang setiap hari dia lihat. Alangkah baiknya tuliskan nama-nama benda di benda yang setiap hari anak lihat, di kursi ,meja dsb seringlah dibacakan. Jika anak sudah tertarik baru kita ajarkan huruf-hurufnya.

2. Carilah Hal Yang Disukai Anak
Misal menuliskan makanan favorit anak, jajan kesukaan anak, atau jika anak membeli jajan ada tulisan merk, bisa kita bacakan merk tersebut. Atau bisa jadi melalui lagu dengan bernyanyi .

3. Gunakan Kartu Bergambar
Kartu huruf yang disertai gambar-gambar juga dapat digunakan untuk menumbuhkan minat baca anak. Misal 1 hari bacakan 3-5 kartu kenalkan hurufnya.







4. Bacakan Buku Cerita
Mendengarkan cerita merupakan hal yang sangat mengasyikan untuk anak. Selain sangat baik untuk melatih kemampuan pendengaran juga banyak sisi positif yang lain seperti dengan mendengarkan cerita anak akan berlatih berkosentrasi dan memahami isi cerita, dengan dibacakan cerita imajinasi anak dapat berkembang. Cerita juga mampu menciptakan rasa penasaran anak apabila cerita tak selesai dibacakan. Gunakanlah buku cerita yang bergambar.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak"

Posting Komentar