Tahapan Membaca Anak

Tahapan Membaca Anak
 
lanterakecil.com
Dalam  M. Solehuddin dkk, Pembaharuan Pendidikan TK, disebutkan Tingkat – tingkat perkembangan membaca anak, antara lain :

1. Beginning Reader (Pembaca Pemula)
Ciri-ciri tahap perkembangan ini adalah : a) Anak belajar bagaimana sebuah tulisan bekerja, kapan sebuah cerita atau tulisan lain mulai dan berakhir. b) Anak senang melihat tulisan dan senang jika orang lain membacakan untuknya.c) Anak mengerti bahwa pikiran bisa diwakilkan tulisan. d) Anak menunjukkan perilaku seperti membaca. e) Anak membaca tulisan dan menggunakan gambar. 

2. Emergent Reader (Pembaca Tumbuh)
Dalam tahap membaca tumbuh anak-anak belajar bahwa tulisan adalah cara yang konsisten untuk menyampaiakan sebuah cerita atau informasai, gambar menolongnya mengerti tulisan, anak mulai mencocokkan tulisan dengan ucapan, anak mulai bereksperimen dengan membaca dengan mencoba membaca tulisan yang sederhana. 

3. Early Reader (Pembaca Awal)
Anak mulai percaya diri dalam berbagai strategi termasuk struktur, arti dan tanda visual untuk mengidentifikasi dan memahami kata-kata dalam tulisan. Anak dapat mengadaptasi cara membacanya pada berbagai macam tulisan. Anak mengenali beberapa kata-kata, mengetahu banyak tentang membaca. 

4. Fluent Reader (Pembaca Ahli)
Anak telah ahli dalam mengintegrasikan berbagai tanda dalam membaca untuk memakainya. Anak memahami bahwa membaca sebagai sesuatu yang berguna dan otomatis. Anak mempunyai kemampuan untuk menghubungkan apa yang diketahui dengan sesuatu yang baru. Anak menghubungkan pesan dalam tulisan dengan pengalamannya untuk memahami isinya. Anak membaca berbagai tulisan dan dapat meramalkannya serta mengoreksi sendiri bacaannya

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tahapan Membaca Anak"

Posting Komentar