Tips Menghadapi Persalinan Normal

Tips Menghadapi Persalinan Normal

anikunik.com | Bagi sebagian Bunda melahirkan secara normal adalah hal yang diharapkan, meski kita merasakan sakit yang lebih dibanding melahirkan secara cesar tetapi jika kita melahirkan melalui jalan lahir ini waktu pemulihan yang bunda alami lebih singkat dan kemungkinan untuk terjadi hal yang tidak diinginkan lebih kecil. Berikut tips - tips ketika menghadapi persalinan secara normal :

1. Perbanyak Jalan Kaki
Ketika bunda sudah merasakan tanda mau melahirkan, seperti ngfleks, pinggang mulai nyeri, perbanyaklah jalan kaki, jalan lagi jalan terus selagi bunda kuat. Bunda berjalan dan berhenti sejenak ketika merasakan nyeri. Suami bisa membantu menemani bunda berjalan. Jika sudah tidak kuat lagi berjalan, tiduranlah dan baringkan  badan bunda miring ke kiri, karena ini sangat membantu mempercepat proses pembukaan.

2. Bunda Harus Makan
Bunda harus makan terlebih dahulu. Saat mengejan bunda membutuhkan energi yang luar biasa, makan merupakan hal wajib agar bunda dapat mengejan dengan baik.

3. Minum Air Mineral/Isotonik
Sediakan Minuman (air mineral/ isotonik pengganti cairan tubuh). Proses persalinan akan sangat menguras tenaga, sudah pasti keringat bunda bercucuran, untuk menghindari dehidrasi bunda harus minum air putih atau isotonik yang cukup.

4. Mengejan dengan Arahan Bidan / Dokter.
Bunda mulai mengejan saat ada perintah dari bidan / dokter, karena  mengejan di waktu yang kurang tepat hanya akan membuang-buang energi saja.

5. Mengatur Nafas
Tarik nafas yang panjang sebelum mengejan, mengejan pelan - pelan tetapi yang panjang, tak perlu berteriak, tak perlu menggerak- gerakan anggota tubuh, karena itu hanya membuang - buang energi.

6. Pinggang Tidak Boleh Bergeser
Untuk menghindari robekan vagina pastikan pinggang bunda tidak bergeser saat mengejan.

7. Membuka Mata Saat Mengejan
Bukalah mata saat mengejan, karena jika mata tertutup saat mengejan dikuatirkan pembuluh darah akan pecah yang mengakibatkan mata menjadi merah.

Demikian tips-tips ketika menghadapi persalinan secara normal, semoga artikel ini bermanfaat untuk para calon bunda yang akan berjuang untuk sang calon buah hati.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

0 Response to "Tips Menghadapi Persalinan Normal"

Posting Komentar